Setting CO Motor Injeksi

Karbon monoksida (CO) adalah gas tidak berwarna, gak berbau dan berasa. Muncul dari pembakaran ngak sempurna di mesin pembakaran dalam, akibat kekurangan oksigen atau kelebihan bensin dari kesalahan seting alat penyuplai gas bakar sistem manual.

Lantas agar kadar CO minim, penyuplai sistem injeksi yang sarat sensor pun diterapken. Seperti di Yamaha V-Ixion, Honda Supra X 125 PGM-FI (Honda Susi = Supra Injeksi) atau Suzuki Shogun 125 FI. Lalu yang jadi pertanyaan, apakah CO di injeksi masih perlu diseting. Mengingat adanya faktor keausan material dan perbedaan suhu sekitar. Jelasnya, baca terusss!

 

Tinggal pencet tombol up atau down untuk atur CO

Tinggal pencet tombol up atau down untuk atur CO


YAMAHA V-IXION

Seting di Bengkel Resmi

Meski ditegaskan pabrikan tak perlu lagi seting CO, namun para penyemplak V-ixion banyak yang penasaran. Pengin coba seting di bengkel resmi. Apalagi Yamaha sudah membekali tiap bengkel dengan alat pendiagnosa bernama FI Diagnostic Tool.

Secara teknis, bila alat ini dicolok ke salah satu kabel di ECU (Electronic Contol Unit), maka FI Diagnostic Tool akan memberi info lengkap. Tentang kondisi injeksi maupun komponen penunjang kerja injeksi. Termasuk info CO yang banyak jadi pegangan bikers.

“Pabrikan pasti menyetel CO itu dalam batas aman untuk regulasi emisi. Karena itu setel di angka 0,” kata Riswandi, Manager Education-Service, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Lebih lanjut beliau menjelaskan, bahwa untuk wilayah Indonesia pada umumnya cukup di angka itu.

“Tapi memang kadang ada konsumen minta tambah atau dikurangi. Tindakan itu tentu ada konsekuensinya,” lanjut Riswandi. Alat ini sendiri bertugas melakukan adjuster atau penyetingan dengan range (jarak) antara -30 sampai +30. Maksudnya bila angka dinaikkan atau (+) bertambah, artinya campuran gas bakar akan kaya bensin. 

“Efeknya tenaga memang bertambah,” terang pria ramah ini lebih lanjut. Riswandi juga menjelaskan, bahwa jika penambahan ini dilakukan, berarti angka CO meningkat atau emisinya juga berlebih. Penambahan ini mungkin dapat dilakukan di daerah yang relatif dingin.

Oh ya, setiap penambahan satu angka maka yang terjadi adalah penambahan suplai bensin sebesar 0,05 cc lebih banyak dibanding sebelumnya. Sedangkan kalau angkanya dibuat minus atau di bawah 0, maka itu artinya miskin bahan bakar.

“Efeknya mungkin tarikan agak enteng tapi tidak bertenaga. Selain itu mesin juga akan lebih cepat panas,” lanjut pria yang bisa ditemui di DDS Jakarta, Jl. Letjen Suprapto, No. 402, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Alat diagnosa ini sendiri punya tiga kabel. Kabel hijau disambungkan ke self diagnostic yang posisinya di bawah jok, warna merah ke (+) aki dan hitam ke (-). Untuk seting CO, kunci kontak harus dalam kondisi ON atau nyala.

HONDA SUPRA X 125 PGM-FI

Disarankan Setingan Pabrik
Untuk Supra X 125 PGM-FI, prinsip kerja seting CO juga sama dengan Yamaha. “Kalau digeser plus jadi kaya bensin, namun polutan CO jadi tinggi,” kata Bejo, kepala mekanik Jakarta Honda Center. Tapi doi tetap menyarankan konsumen agar tetap mematuhi setingan CO sesuai pabrikan. Karena kondisinya sudah siap dengan berbagai kondisi alam Indonesia. “Lagian kan motor seperti itu nggak buat balapan,” kata Bejo.

 

 Semua sensor memberi sinyal ke ECM. Lalu regulator dan injektor mengatur debit bensin ke ruang bakar

Semua sensor memberi sinyal ke ECM. Lalu regulator dan injektor mengatur debit bensin ke ruang bakar

 

 
SUZUKI SHOGUN 125 FI
Percaya Sensor Injeksi

Berbeda dengan produk lainnya, Suzuki lebih mempercayakan setingan yang sudah dipatentkan pabrikan. Maksudnya mekanik tak perlu repot harus melakukan pekerjaan ini, sementara konsumen tidak perlu khawatir kadar CO di motornya meningkat.

Tentu dari keterangan ini Suzuki bukan bermaksud mengatakan tak punya alat diagnosa. Tapi setingan yang sekarang, kadar CO motor ini sudah standar EURO II. Lagi pula injeksi kan lebih pintar, mudah perawatan dan didukung beberapa sensor.

 

“Nah, tugas sensor ini yang nanti memberi sinyal ke ECM, untuk selanjutnya memerintah regulator dan injector mengatur debit bensin ke ruang bakar. Makanya konsumen nggak usah khawatir. Kecuali jika ada kebocoron udara palsu di seputar throttle body,” ujar Josef Anthony, kepala instruktur training roda dua, PT Indomobil Suzuki International. Jadi begitu tugas sensor.

Penulis: Nurfil/KR15

Sumber: Otomotifnet.com

71 responses

7 02 2009
preman simpang (YVC C037)

To Admin ++: OK bef, lu atur ya bwt seputar v-ixion + (Safety riding & tatib) ya man……..selamat berkarya. Gw Home + dandanin blog alias kontributor. Mbah wir (primary admin/ (badan sensor) ya semuanya, OK coy

7 02 2009
ucup c-005

setting C O..?g usah..ganti aja motor nya

8 02 2009
Koh Joan C-010

setuju…man susah2 ngatur c o ganti aja pny the Doctor pasti ngaciiiiiiiiiirr

8 02 2009
miep C-012 "sweepy"

eeehhmmm,,,C O +5

8 02 2009
ryo si gembel dari negeri seberang

Montor sepin kok gak ada?

9 02 2009
miep C-012 "sweepy"

makanya yooo,,pakenya vixy,,jgn matic,,,matic mana ada,,,

13 02 2009
Beny Raja Kilo meter YVC-C - 017

broo masalah co ygb penting 1: 50 dah cukup ngacir ko bt PP cilegon – cikande.. Asal pertamax 99 kaya anarky 99 top tuh..
cup.. co lu kebesaran kagak boros nih…

15 02 2009
ibef c-002

Maksudnya pertamax 99 apa nih? Trus anarky 99 apalagi nih? maaf baru dengar istilahnya, maklum masih newbie..

16 02 2009
ibef c-002

” Meski ditegaskan pabrikan tak perlu lagi seting CO, namun para penyemplak V-ixion banyak yang penasaran. Pengin coba seting di bengkel resmi. Apalagi Yamaha sudah membekali tiap bengkel dengan alat pendiagnosa bernama FI Diagnostic Tool.” (paragraf 3)

Adakah yang tau bengkel resmi Yamaha di Cilegon yang sekarang SUDAH “dibekali” FI Diagnostic Tool?

3 05 2009
setting co « Wibievixioners’s Blog

[…] Comment! Setting CO Motor Injeksi […]

5 07 2009
odi

bro mw tanya nih apa sih arti kode D17 dari FI Diagnostic Tool?

thanks berat

13 08 2009
vixiblack

99 kalu ga salah artinya kadar apanya ya kok jadi lupa, itu premium tanpa timbal yang sering kita jumpai addalah 92 ( pertamax biasa ), 99 (pertamax plus ), itu kalu ga salah bro mohon jika salah dibenarkan kepada mas bro yang lebih tau

13 08 2009
vixiblack

o ya lupa nich hehehehhe
v-ixion ku lari 120 km/jam itu baru gigi 4 trus kasih 5 kok ga mak nyus ya alias kok akselerasinya kurang co 0 ban belakang 120/70, depan 100/70 velg power tapak lebar, mohon pencerahannya kepada mas bro or kakak kakak

13 08 2009
YVC-C

odi: wah baeknya tanya ke dealernya ajah yg punya DTFI. soalnya ada tabelnya jg bro.
vixiblack: mksdnya nanya apa komentarin punya sapa nih?
ada juga pertamax 92 sama 95. itu mksdnya kadar oktan dalam bensinnya bro…
ada 2 cara naikin putaran atas. pertama ganti gear depan dengan yg lbh kecil atau dengan utak-atik sistem pengapian. +knalpot racing.
lebih enak lagi CO bisa +20 tapi biasanya ga dikasih sama mekanik beres. so ya enaknya lagi dateng ajah ke tmn2 YVC.
lo dmn nih bro? cilegon? klo iya dateng ajah pas kopdar. ntar ngobrol2 sama team speed touring YVC C atau team speed race-nya. motor brodos2 YVCC yahut2 dah… dah di uji jg

18 08 2009
nurhadi

mas broo ane mau tannya tentanng sistek kerja dari settingan PGM-FI di suprax125 ane .. knp ko pada saat engin brack motor saya selalu nembak nembak ya padahal saya sudah ganti busi yg aga bagu terus knppot saya sudah gati yg racing apa pengaruh ya pada settingan PGM-FI .mohon pencerahan Thx mas bro mechanic

19 08 2009
YVC-C

bro nurhadi. CO nya naikin ajah bro. bilang ke mekanik waktu service. minta CO nya ditambah jadi +2 atau +3 tapi suruh di test dulu ma mekaniknya. msh nembak2 ga.. smoga membantu

C-020

19 08 2009
thinx_speed C-039

@ bro nurhadi….: sebaikny kita analisa dlu….., apa gejala nembak ada setelah ganti knalpot? klo iya di pastikan karena perbandingan afr tidak seimbang karena knalpot racing berkarakter free flow…….

kejadian itu juga diperparah dengan busi yg baguz mungkin tipe racing…..yg mempunyai sifat dingin sehingga terjadi pre-ignition atau bahan bakar terbakar sebelum waktuny………….

jdi setuju ma mbah wir klo hruz setting ulang co…..

thanxz.

19 08 2009
YVC-C

wah jgn gitu ah.. gw jg dksh tau ucup kok.. hihi jd bukan jawaban gw :p
gw cuma ngetikin apa yg di omongin ucup hihi

20 08 2009
thinx_speed C-039

@ atas gw: GUBRAXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX……….

coz klo mo naekin performa motor hruz step by step:

contoh yg dh gw lakuin bwt motor yg berkabu contoh jupie-z gw

mungkin pertama : ganti knalpot freeflow………–klo mbrebet mesinny

2: putaran bawah: naekin pilotjet 1 step
klo putaran atas naekin main jet 1 step smpe ktemu siemny………….., setting langsam ma udarany…………..

3: gnti filter udara yg renggang…………….( klo d jupie-z gw gw lipet 2 bagian)

coba dlu: trus klo performance engine dh oke……………….

kita coba ergonominy atau di trek lurus pa d tikungan…………..

4: klo d trek lurus ngrasa ngambang brarti downforce kurang so lo hruz pndekin setang biar bobot pindah k dpan……………

5: trus lo coba nikung rebah klo ngrasa ngbuang keluar itu tanda oversteer so

20 08 2009
thinx_speed C-039

lanjutan

so lo hruz gnti setingan sok dpan yg agak rigid alias agak keras dri standarny…….

klo lo ngrasa masi ngrasa oleng k arah dalam itu namany understeer jadi ganti ban yg tipe radial……..bguz lgi yg soft kompon…………..

pas d coba ngrbah lgi ngga tauny masih ngesot d aspal mungkin footstep lo perlu d ganti ma yg lbih advance so pilihan footstep underbone bguz jga…

ok kita blik lgi k mesin, power udah ningkat tapi rpm cpet nyampe limiter brarti akselerasi lo dah klebihan, ngga da slahny kelebihan itu kita korbanin bwt topspeed carany rasio akhir sproket ganti yg lebih berat……………

NB: -bwat pikson mania ga usah setting jet kit, lha wong ngga da……..gantinya cukup seting CO ma seting langsam za…………….

-step per step di butuhkan bwat bhan analisa kita, ngga lucu klo mesin high performance tapi controlny susah.
” ingat POWER WITHOUT CONTROL IS NOTHING”

selamat berkreatif bro………………………….

sorry klo gw sotoy thanxz…………

21 08 2009
YVC-C

emang ada pilot jet main jet di vixion? (oon mode on)

21 08 2009
ibef C-002

” ingat POWER WITHOUT CONTROL IS NGISING”. Jadi kalo ngising harus dikontrol jangan kelebihan power
(suka gak penting mode ON)

1 09 2009
vixiblack

@YVC-C aku di jogja bro
aku g suka knalpot brisik cos ntar pak pol marah kan dah g boleh hehehehe
klu otak atik co nya kasih brape bos biar rpm gigi 5 bisa bisa 9500rpm heheheh cos mentok gas di rpm 6500an aku juga bingung padahal di cek ma mekanik olor gas ( tali gas ) standart aduh bingung nich tadi di kacangin ma anak sma gara2 gigi 5 ga mau lari
maksih semua tas kesediaan tuk menjawab
keep brotherhood

3 09 2009
vixiblack

oya saya mo nanya kok suara injeksi ( pompa bensin ) kok suaranya tempatku brisik ya alias gede bgt, kayaknya yang laen biasa aja apa ada kendala dengan motor ku, trimakasih

5 09 2009
YVC-C

kontak anak2 jogja ajah. minta setting di anak jgj bagus kok

7 04 2010
dicky

apakah setiap bengkel resmi yamaha bisa settin CO ?
apa efek dari setting CO ?

8 04 2010
YVC-C

bisa. CO untuk ngatur bensin dan udara. itu gantinya karbu yg d setting dengan elektrik

7 07 2010
edi hardi

saya mw tanya.. kalau harga alat yang buat setting ECU motor vixion brp yah…?????? tolong infonya… makasih sebelumnya..!!!

15 07 2010
aviv

bayar berapa seting co klo di dealer?

8 08 2010
violet

vixi q udah +5 tp kok d ada perubahan ya???????? B6721CQG

21 08 2010
Anam

Boz mtor vixion saya udah gnt sekher 2x penyebab kerusakanya apa yah???tlg jwb cr bnrin nya.thanks

12 09 2010
wanswork

buset co diset +20 gk panas kemesin gitu,yang aku asalnya diset +5 kmnya cepet naek cuma mentok di 120km/jam aneh.di set +2 sama aja,apa ganti busi pake NGK iridium ngaruh yah ?mahal juga tu busi 90 rebu.haha.
padaha vixi temen ane nyampe 140km/jam di sudirman arah grogol.vixi di 120km/jam masi dikacangin sama FU apalagi mpunya RKING deh nagis kalo kelibas.dohhh kenapa pake limiter segala sih?kalo larinya ragu2 mending beli mio aja di borup 250 cc dah bisa nyaingi ninja 150.sayang banget vixi bodi keren larinya kurang maknyos.

20 09 2010
andre

TEORI YANG SALAH!

17 10 2010
Marshal

Bensin yg cocok untuk motor supra pgm fi apa ya?
apa bensin yg beroktan 88 (premium) ato 92 (pertamax)?

25 11 2010
doubleusc

aku punya motor vi-ixion 2008 tapi aku punya kendala yang serius yaitu motor saya kalau buat turunan tajem pasti knalpotnya nembak and palagi kalau saat cuaca dingin misal buat melintas di pegunungan and jalannya turun pasti nembak knalpotnya….
pasal nya udah banyak bengkel resmi yang saya suruh nyeting tapi belum sembuh juga
so apa masalah nya and bagai mana solusinya?
makasih

1 12 2010
Bombastic

Mas bro,kalau alat untk stel injeksi ada yg jual ga,kalau ada harganya brapaan?

4 04 2011
akonk

mas bro numpang tanya nih…
dulu vixi ku bisa nembus 140km/h sampe pernah sekali tu nembus 150km/h tapi setelah pake pelk tapak lebar tu cm bisa 130km/h la anehnya pelk aku ganti standar lagi tu kec cuma nembus 130km/h sampe sekarang uda gak bisa nembus 140km/h lgi mas bro. kira2 di setting gmn lagi biar bisa normal kayak dulu lagi. Oh ya vixi gue standar mas bro

31 05 2011
indra

kmren hbis ganti velg byson…dengan ubahan main bubut bos kanan kiri depan blakang….alhasil spido dicomot…masalahnya kalo dipake boncengan rasanya kok ndut2an ya..kyak oleng gtu..pdahal bearing gk da yg oblak..ban + velg juga rapi..mkin suhu2 ada yg tau

28 06 2011
respek

di mana ya q bsa dapt …alat motor ..water puem..u vixion????

15 07 2011
greenvixi

masbro nanya nih,kok suara injeksi ( pompa bensin ) suaranya brisik ya alias gede bgt, kayaknya yang laen biasa aja, apa ada kendala dengan motor ku, sama yangdialami ma vixiblzck, mohon pencerahan.

22 07 2011
ucrit

mas bro q mo nanya lo beli alat wat seting CO dmn ya? n brp haganya………..? tq

25 07 2011
Imam Arbiyanto

kog ribet semua siich……..!!!!!
FI kog dibikin susah,FI kan gampang
bawa kesini aja bro.. kSMS MOTOR sby
yvc sby dah ada yg mbuktiin

31 07 2011
Katrock Elex's

vixi we larinya cuma mpe 90km/jam,,,,kendalanya aph y gan?
mtolong solusinya.

31 07 2011
Bayu Nugroho

gan motor we lajunya pelan banget gan,,,lari 90km/jam udah gaspolllll

6 08 2011
ardyan

mas brow,,mw tanya nech .
vixiqu start injeksiny kok kasar ea suaranya .
tuw biasanya knp ea???

8 09 2011
agie

Numpang nanya Gan
vixi ane tahun 2011, kok tarikan(akselerasi) mlempem alias lemot, seting std

apa yang perlu di rubah agar tarikan jos tpi yang efektif dan efisien

1 10 2011
adib

thanks bro info nya. sangat bermanfat…

3 10 2011
adhi YVC-B

Nanya bro..
vixi aq tahun 2009, knapa kl lg di parkir n kena matahari kurang dari 5 atau 10 menit jd susah utk di hidupin. namun setelh 15 atu 20 menit didiamin di t4 dingin bisa hidup kembali.

31 10 2011
anto

nice info…
Keep safety riding and respect to other riders…

3 11 2011
Haidir Muhammad

dari pda sering setting co mtor injeksi lebih baik ganti mtor aja scorpio…… scorpio maknyus larinya mencapai 150 km/h rpm 90000…….apa lgi pio sya udah di bord up 65mm torsinya mkin tinggi, ninja rr150 jauh ketinggalan…….

tpi klau mau beli pio, jgan beli pio yg model bru ,karna torsinya mki rendah ,hampir menyamai torsi honda tiger…….

10 11 2011
Adhie

saya mau jual fi diagnostic tool.barang masih baru+manual book.bagi yang minat bisa hubungi 089665622907

28 03 2012
andi

ikut gabung dong mz broo

MTR VIXION GW knapa keluar asap putih?
tuh pa ya ya mz bro??
tolong bantu ya mas broo
makasih

21 04 2012
Randy moello

bro gau mau nanya kalo gua mau alat injeksi di mana ya ?
kira-kira harganya brapa ?

15 06 2012
hanif

yg penting irit,,,,,,,,,,oya gw mw tnya ni,,,,,,,,,knp vixion gw nembak2 ya pdhl co nya dh di naikin 8

14 08 2012
muftiachmad

misi numpang tanya gan,,
motor ane kq nyendat2 yaa klo d rpm sktar 7-8,
pdhal ni pke CO nya standart dan g da yg drubah kcuali gear 44 + ban 110/70 n 80?70,,
ni kira2 ada hubganya sama CO ga yaa??
makasih infonya,,

24 08 2012
nyunyun

mw nanya mas bro vixy q kluaran 2012,, waktu prtama keluar larinya cuma bisa nyampe 120km/h gas poll,, vixy q msih standard klo q mw nambah tenaga vixy pke co d naikin merusak gx tuh..??
Tolong d jwab ea..
,,Thanxs,,

9 10 2012
cah_lu9u5ari

vixion ane tahun 2012, Oli mesin Yamalube standar yamaha, busi Denso iridium, CO +3, knalpot R9, gir depan/belakang 15/44, top speed (gigi 5) 130km/jam, gigi 4 (120km/jam),
Setelah gir belakang ane ganti pake ukuran standar 42, dan oli mesin ganti merk SHELL, kok jd gk lari ya.. top speed cm tembus 120km/jam, itu juga susah bngt, knpa kok bs sperti itu????? pa pengaruh OLI nya atau ukuran gir nya.. trims..

29 10 2012
Ome

Saya mohon panduannya, saya pemakai yamaha Vixion sdh 1 tahun..sy pakai knalpot racing R9 selama hampir 7 bulan smpe saat ini, masalahnya dari awal sy pakai knalpot R9 hingga sekarang selalu nembak (kluar suara ledakan dr knalpot) dan sangat tdk nyaman buat saya mgkn juga kendaran dibelakang sy klo dlm perjalanan. sedangkan CO nya telah berkali2 diatur di dealer resmi yamaha tapi hasilnya tidak pernah hilang suara tembakan knalpot tersebut.. Saya mohon recomendasi atau bagaimana cara untuk setting knalpot sy tersebut, atau dimana tempat bengkel yg benar2 sdh menguasai masalah setting CO pd knalpot racing di yamaha Vixion… Mohon bantuannya.
Terima kasih..

11 11 2012
YVC-C

co d naikan tidak merusak

11 11 2012
YVC-C

coba cek busi n filter udara

11 11 2012
YVC-C

cba co d standarin

11 11 2012
YVC-C

bisa tanya agan vanz d modifmania.com

11 11 2012
YVC-C

oli mesin ikut terbakar d ruamg bakar

11 11 2012
YVC-C

like thizzzz

11 11 2012
YVC-C

dh pernah ganti fuelpump…..?

11 11 2012
YVC-C

bisa jadi

11 11 2012
YVC-C

waterpump? d dealer yamaha banyak tuh

11 11 2012
YVC-C

mungkin kurang presisi

12 11 2012
YVC-C

coba servis besar d beres yamaha

12 11 2012
YVC-C

coba ganti busi sama busi karekter panas

12 11 2012
YVC-C

salah d mna?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: