Pemerintah Wajibkan Helm Ber-SNI Mulai 25 Maret

14 03 2009

JAKARTA – Pemerintah mewajibkan semua helm yang beredar di pasar dalam negeri sudah berstandar nasional Indonesia (SNI) mulai 25 Maret mendatang untuk meminimalkan dampak kecelakaan sepeda motor.

“Mulai 25 Maret 2009 semua helm yang diproduksi di dalam negeri maupun impor harus memenuhi SNI. Kalau tidak akan kena sanksi,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Fahmi Idris usai kunjungan ke pabrik helm PT Tarakusuma Indah di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (12/3).

Pada 25 Juni 2008 Menperin telah menandatangani Peraturan Menperin Nomor 40/M-IND/PER/6/2008 Tentang Pemberlakuan SNI Helm Pengendara Kendaraan Bermotor Roda Dua Secara Wajib. Permenperin tersebut berlaku sembilan bulan sejak tanggal ditetapkan.

Fahmi mengatakan, bagi industri helm di dalam negeri yang tidak memenuhi SNI akan dikenakan sanksi administratif berupa pencabutan izin usaha industri, sedangkan bagi helm impor yang tidak memenuhi SNI akan ditolak masuk pasar Indonesia.

“Namun bagi produsen domestik masih diberi kesempatan dalam waktu yang tidak terlalu panjang untuk menyesuaikan produksinya agar memenuhi SNI. Kalau sudah diberi kelonggaran waktu masih belum bisa memenuhi akan kami cabut izin industrinya, sehingga kalau dia masih produksi berarti ilegal,” katanya.

Sedangkan bagi helm impor, pemerintah akan melakukan pengujian terhadap helm tersebut di laboratorium uji yang telah ditunjuk, apakah helm tersebut telah memenuhi SNI.

Sesuai Peraturan Menperin Nomor 40 Tahun 2008 itu, helm yang beredar harus memenuhi standar SNI yang ditandai dengan pencantuman tanda SNI dalam bentuk cetakan embos (menonjol).

Terkait dengan Permenperin tersebut, Dirjen Industri Agro dan Kimia telah mengeluarkan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penerapan dan Pengawasan SNI Helm tersebut pada 28 November 2008.

“Saat ini dari 15 produsen helm di dalam negeri sudah tujuh perusahaan yang siap memenuhi SNI, empat diantaranya sudah mendapat SPPT-SNI dan tiga masih dalam proses,” ujar Direktur Industri Kimia Hilir Depperin F Tony Tanduk menambahkan.

Menurut dia, kewajiban penggunaan helm ber-SNI bagi pengendara dan penumpang sepeda motor akan atur oleh Peraturan Menteri Perhubungan.

Sumber : http://republikaonline.com/


Actions

Information

12 responses

14 03 2009
ryo si gembel dari negeri seberang

sekian lama saya tidak merasakan pertamaxx.. horeeeeeeee

14 03 2009
preman simpang (YVC C037)

Secara helm gw dah lewat salip SNI lewat kiri, SNELL 2000 + DOT jadi jauhhhhhhhhhh!!!! (Narcis mode)

15 03 2009
ucup c-005

kasian yah 2 orang diatas gw ini..kayanya mereka g bahagia di dunia nyata..

makanya di dunianya si maya jadi lebay..

15 03 2009
ucup c-005

helm gw (INK top gun) yang muncul di iklan kit shampoo mtr,acara m3,aja g sombong kok..

INK CL-Vista phoenix mah aneh..

15 03 2009
ucup c-005

Selamat!!!..

kami atas nama keluarga besar YVC Cilegon mengucapkan selamat kepada :

Nubly Kautsar Fannan
(ketua YVC Indonesia)

yang telah melangsungkan pernikahan pada 14 maret 2009..
semoga menjadi keluarga Sakinah,Mawaddah,Warrohmah..

Ucup C-005

15 03 2009
ucup c-005

salute to :

ucup
abenk
ahonk
nanank(boncenger)

jakarta-serang 1 jam 45 menit
“accelerate your life”

15 03 2009
Blue Cool C-004

Ko bangga, malu donk ktnya safety ridding….
Udah gak jaman tuh sekarang kebut2an, jangan sampe nama YVC tercoreng yach….

15 03 2009
ryo si gembel dari negeri seberang

betul,, klo mw kebut2an mbok yoo neng serkuitt tohh leeeee leeee

15 03 2009
Blue Cool C-004

Biasa sing urung pernah neng sirkuit ya kaya gono leeeeee

15 03 2009
ibef c-002

Silite to: Iyus

“accelarate your life, so you can reach the end (of your life) faster”

15 03 2009
preman simpang (YVC C037)

betul kata rahmat, die for nothing! mau, suka? terusin aja ” end of your life is” wkwkwkwkwk, serius contohnya kaki buntung/tangan buntung habis kan produktifitas lu? Palagi kerja pabrik yang ada resign jg lebih dini. Ayo kita galakkan helm standar bukan ujang standar! Yang gak standar tar rampas aja kasih gw dikiloin, YES

17 03 2009
thinx_speed C-039

jakarta – serang 1 jam 45 menit….biasa za

jakarta – serang 2 hari 21 jam…….itu luar biasa

helm gw seeh standard yamaha aza…
l
l
l
l
l
l
l
v

——–hidup itu haruz dinamiz jangan statis——–

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: