update dan sosialisasi UU terbaru. hati-hati!!!

12 11 2009

Waspada sebelum dirazia, perhatikan UU terbaru yang menggantikan UU tahun 1992, UU Nomor 22 Tahun 2009. Undang-Undang yang sudah ditandatangani Presiden SBY pada tanggal 22 Juni 2009, memuat antara lain:

Tidak Memiliki SIM
Menurut Pasal 281, apabila pengendara kendaraan bermotor tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) bisa dikenakan denda paling banyak Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah). Atau di pidana kurungan paling lama 4 bulan. Jadi, selalu bawa SIM Anda setiap kali Anda mengendarai motormu.

Mengemudi Tidak Konsentrasi
Hati hati juga buat biker yang suka menelpon sambil mengendarai motor bisa kena sanksi pasal 283, menurut pasal ini bagi yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Kelengkapan Motor
Bagi pengendara roda dua di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban, mengacu pada Pasal 285 dapat dikenai denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) atau pidana kurungan paling lama 1 bulan.

Rambu dan Markah
Jangan abaikan rambu dan markah jalan, karena di Pasal 287 Pengendara motor di Jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Rambu Lalu Lintas sebagaimana dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Tidak Bawa STNK
Nah, buat biker yang suka lupa bawa STNK harap waspada, karena menurut Pasal 288, setiap pengendara roda dua di Jalan yang tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau surat tanda coba Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Helm Standard Buat Penumpang dan Pengemudi
Selalu pakai helm SNI saat mengendarai sepeda motor, baik pengemudi maupun penumpang motor. Karena menurut Pasal 291, bagi setiap pengemudi dan penumpang Sepeda Motor yang tidak mengenakan helm standar nasional Indonesia (SNI) dipidana dengan pidana kurungan paling lama sebulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Menyalakan Lampu Utama Malam atau Siang Hari
Selalu nyalakan lampu utama motor Anda di Jalan pada siang maupun malam hari. Karena menurut Pasal 293, karena jika Anda tidak menyalakan lampu utama pada motor Anda di malam hari, Anda bisa dikenakan dipidana dengan pidana kurungan paling lama sebulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah). Bila sebelumnya ligh on disiang hari hanya dianjurkan, sekarang diwajibkan. Jika tidak menyalakan lampu utama di siang hari dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah).

Belok Kiri Boleh Langsung?
Kalau dulu biker dapat langsung belok kiri meskipun saat itu lampu lalulintas menunjukkan warna merah. Sekarang tidak dibolehkan! Karena menurut UU No. 22 / 2009 Pasal 112, Pengemudi Kendaraan dilarang langsung berbelok kiri, kecuali ditentukan lain oleh Rambu Lalu Lintas atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas. Bagi yang melanggar akan ditilang dan dikenakan denda sebesar 250 ribu rupiah.

UU selengkapnya baca di http://www.djpp.depkumham.go.id/inc/buka.php?czozMToiZD0yMDAwKzkmZj11dTIyLTIwMDlidC5odG0manM9MSI7
http://www.djpp.depkumham.go.id
Sumber: http://www.djpp.depkumham.go.id
http://www.djpp.depkumham.go.id
Sumber: http://www.djpp.depkumham.go.id


Actions

Information

8 responses

12 11 2009
ibef C-002

Bused, dendanya nauzubillah…

13 11 2009
thinx_speed C-039

ntu kn denda paling besar (maksimal) n biasany peraturan daerah menetapkan angka yang lebih kecil……..

so santay za…………..

13 11 2009
YVC-C

ya klo mandang kecil2an mah ntar pada ga dsiplin dunk. biarlah gede bgitu biar pada dsiplin
*biar pada buat sim trus klo ditilang ga beralasan kaya lo rif gagaggaga*
mat ibef untung lom tau hehe

14 11 2009
thinx_speed C-039

gw kmaren mo prpanjang sim d layanan sim keliling, sim gw d tolak……….., coz taun pmbutan ga jlaz…….., tapi gw rasa petugazny yg matany ga jlaz…….

18 11 2009
preman simpang (YVC C037}

Astagfirullah!!! Gak kira – kira tuh dendanya, punya kendaraan serba salah, da ja aturan baru yang disatu sisi menguntungkan, tapi nyekek rakyat kecil

3 12 2009
Ngkoh Joan

Hidup udh susah kyknya mkn ssh aja y……..,ikut dukung aja dh toh bwt kelancaran d jalan.Gw c krg setuja tuh nyalain headlamp siang hari bkn boros aki aja.Gw c kdg liat2 klo byk biker yg nyalain lmpu saat siang y gw jg ikut nyalain hi…hi…,,,rif gw srnin ktp lu ikut komplek polisi apa brimob aja jd pas prpnjng sim g d persulit.Tp gw krng ykn jgn2 wktu prpnjang duit lu krg c wkwkwkkwkk,,,,,,,,,,,kasi obat mata bro biar ptgasnya jlz ngliat sim ente.

9 12 2009
YVC-C

gpp kali koh. kan klo motor idup mah tuh accu ttp di charge… kcuali klo motor mati tuh iya boros ke accu…
yah ini nih.. udah ada prosedur yg bner jgn ikut2an ga bner deh😀
klo mslh duit ga ikut2an lah gw. ada yg sensitif ntar hihi piss

30 03 2010
preman simpang YVC (C037)

hahahahahahahah…………….10000X

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: