Komponen Yamaha V-Ixion

Pabrikan Yamaha punya cara unik dalam menjelaskan sistem injeksi pada V-Ixion. Kinerjanya diibaratkan tubuh manusia. Kulit ibarat sensor suhu yang apabila terkena terik matahari akan menginformasikan kepada otak (ECU) bahwa kondisi sedang panas. Sedangkan MAQS (modulized air quantity sensor) ibarat hidung yang menghirup udara masuk ke dalam tubuh melewati tenggorokan. Volume serta temperatur udara yang masuk melalui hidung juga diinformasikan kepada otak.

analogi sistem vixion

Selanjutnya otak mengolah informasi dari kulit dan hidung untuk diputuskan seberapa banyak air yang akan diminum. Air ibarat bensin yang akan disemprotkan oleh injektor. Lalu tangan bertugas sebagai eksekutor atas perintah otak untuk menuangkan air ke dalam gelas. Tangan akan menuang air lebih banyak jika terasa sangat haus. Dan sebaliknya jumlah air dalam gelas akan dikurangi apabila tidak terlalu haus. Dengan kata lain, jumlah air yang diminum secara otomatis menyesuaikan kebutuhan tubuh manusia (mesin).

Melihat kinerja komponen pada MAQS, sistem injeksi V-Ixion masuk kategori tipe D-Jetronic. Sebab jumlah udara masuk tidak diukur lewat air flow meter (AFM) tapi ditentukan oleh intake air pressure sensor (IAPS). Dimana IAPS prinsip kerjanya sama dangan manifold absolute pressure (MAP). IAPS mendeteksi tekanan udara intake manifold (saluran masuk).

Komponen injeksi V-Ixion meliputi sensor group yaitu komponen yang bertugas mendeteksi kondisi mesin lalu mengirimnya berupa sinyal ke ECU. Sensor-sensornya meliputi throttle position sensor (TPS), intake air temperature sensor (IATS), intake air pressure sensor (IAPS), lean angel sensor (LAS), coolant temperature sensor (CTS) dan crankshaft position sensor (CPS).

Control group yaitu komponen yang bertugas mengolah data yang dikirim oleh sensor group. Setelah data diproses, gantian control group mengirim sinyal menuju actuator group untuk melakukan sesuatu. Yang termasuk komponen control group yaitu electronic control unit (ECU).

Terakhir, actuator group yaitu komponen yang bertugas menjalankan perintah dari ECU untuk menyemprotkan bensin dalam jumlah tertentu. Injektor sebagai eksekutornya. Injektor bisa bekerja sempurna karena dibantu oleh pompa bensin yang konstruksinya menjadi satu unit dengan fuel pressure regulator (FPR) dan saringan bensin (fuel filter).

Selain injektor, yang termasuk kategori komponen actuator group yaitu FID (fast idle solenoid valve). Sebab FID bekerja secara otomatis atas perintah ECU untuk menambah aliran udara saat suhu mesin masih dingin. Dampak positifnya mesin menjadi lebih mudah dihidupkan. Kinerja FID mirip sistem choke otomatis pada karburator.

Penulis: Agus ‘Zoelis’ Triyono

Sumber: otomotifnet.com

10 responses

6 02 2009
ibef c-002

Jawaban buat pertanyaan kuis buat yang akan nempel stiker :p

7 02 2009
preman simpang (YVC C037)

To Ibef 002: gak papa postingnya jadi satu di page ini….tar dikasih link2 aja untuk lebih detail/ sub page kayak yg lu bikin. OK coy……

7 02 2009
ucup c-005

man2..cecunguk mana ada yang ngerti masalah injeksi..apa lagi si 007

susah si di cilegon ini,cecunguk2 tu taunya cuma kemp*l,maen ps,
godain cewe,b*k*p,hura2,saling caci maki,..

ntar di ajak turing dikit pusing mikirin angsuran,alasan g punya duit,sakit,..

mau jadi apa piksion2 ini..

7 02 2009
ucup c-005

“maafkan aku..menduakan cinta”

begitulah kata iklan “hari yang aneh”

8 02 2009
Koh Joan C-010

cup cup kyk mtr lu dh pegang bpkb aja c…lu kan ngangsurnya 10 taon

4 06 2010
hilmi

boz..
saya mau daftar jadi anggota vixion cilegon..
bagaimana caranya..????

8 06 2010
ibef C-002

@Hilmi: Datang aja ke Damkar tiap malam minggu jam 20

13 09 2010
Zhorenk

M0 ikut vixion club dunk , boleh ga?

7 11 2010
hneys

apapun itu usha biar njeritttttt ……

23 11 2010
odiex YVC-J 028

sob., mohon infonya., waktu itu ane mau melepas tangki., pas ane mau buka selang yang dari injektor tangki terjadi kesaahan.,
penyembur bahan bakar yang mengarah ke intake manifold (yang menyambung dengan selang bagian bawah) patah.,
mohon info., apa nama part-nya n berapa harganya..
thx sob..
BRAVO YVC-I…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: